Sabtu, 08 Maret 2014

KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN :


-->
  1. Apa arti kurikulum ?
Menurut Hilda Taba 1962 ialah suatu kurikulum biasanya mengandung suatu pernyataan mengenai maksud dan tujuan tertentu; ia memberi petunjuk tentang beberapa pilihan dan susunan isinya; didalamnya menyiratkan pola-pola belajar dan mengajar tertentu yang dikehendaki oleh tujuan dan isinya.
Bagi seorang guru kurikulum berarti kumpulan silabus yang tercetak, uraian satu persatu mata pelajaran, disertai pengantar yang bersifat umum mengenai tujuan masing2 mata pelajaran.Mungkin secara incidental dan ilustratif terdapat pokok mengenai metode mengajar dan sebagai guru yang professional diharapkan memahami semua maksud dan tujuan yang terdapat dalam pengantar.
Kurikulum aslinya berarti lapangan perlombaan yang harus dilalui oleh murid dan guru.
Lazimnya dipahami orang sebagai bahan-bahan tercetak (buku,majalah) berisikan pelajaran, petunjuk2, gambar2, soal, dsb.
International Council of Religious Education mendefinisikan “Kurikulum PAK adalah pengalaman si pelajar dibawah bimbingan” jadi semua pengalaman murid dalam rumah tangga, gereja dan sekolah digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan gereja.
  1. Sebutkan macam-macam kurikulum yang saudara ketahui :
Macam2 kurikulum:
1. Uniform Lesson (pelajaran seragam)—bahan pelajaran yang sama ditujukan
untuk semua umur.
2. Group graded lesson (pelajaran yang disesuaikan dengan kelompok) bahan
pelajaran berbeda ditujukan untuk kelompok umur yang berlainan.
3. Closely graded lesson (pelajaran yang disesuaikan secara ketat) misalnya
bahan pelajaran khusus utk 1 th saja.
4. Pelajaran untuk PAK diluar gereja. Lazimnya berupa buku pegangan baik
untuk guru maupun murid.
5. Buku pelajaran untuk sekolah. Di Indonesia ditujukan untuk murid SD,SMP dan SMA yang diterbitkan oleh KOMPAK DGI
6. Bahan-bahan pelajaran lain :
· Berupa buku, majalah, brosur, atau manual berisikan topic-topik pendidikan untuk anggota-anggota gereja; dapat dibuat khusus untuk kaum pria, wanita, penginjilan atau buku utk katekisasi.
· Berupa gambar-gambar, slide, alat peraga, majalah Kristen, film Kristen, dsb.
Jenis kurikulum yang lain, misalnya:
1. Kurikulum denominasi. Yang diterbitkan oleh denominasi tertentu, untuk kalangan sendiri.
2. Kurikulum bukan denominasi. Penerbitnya bukan denominasi tapi komersial.
3. Kurikulum usaha bersama. Ini terbitan dari beberapa denominasi bersama- sama
4. Kurikulum yang berpusatkan pada isi. (content center curriculum), Ini memusatkan pelajaran Alkitab, membahas bagian2 Alkitab satu persatu.
5. Kurikulum yang berpusatkan pada pengalaman (Experience-Centered curriculum). Isinya menitik beratkan pengalaman murid, lalu menghubungkannya dengan Alkitab dan iman Kristen.
6. Kurikulum berdasarkan unit (Unit of Study) Tujuannya adalah memberi pelajaran yang lebih luas, baik pengalaman atau pokok pelajaran.
  1. Jelaskan tujuan Pendidikan Agama Kristen !
· Randolph Crump Miller : tujuan PAK ialah membimbing setiap pribadi kedalam keputusan hidup sebagai orang Kristen.
· Robert R. Boehlke : …menolong orang dari semua golongan umur yang dipercayakan kepada pemeliharaan gereja untuk memberi tanggapan akan pernyataan Allah dalam Yesus Kristus… supaya mereka dibawah pimpinan Roh Kudus diperlengkapi guna melayani sesama manusia atas nama Tuhan mereka ditengah-tengah keluarga, gereja, masyarakat dan alam lingkungan hidupnya.
· Joseph Lewis Sherrill : PAK adalah usaha , biasanya oleh anggota-anggota umat Kristen, untuk berpartisipasi dalam dan untuk membimbing perubahan-perubahan yang terjadi dalam pribadi-pribadi dalam hubungan mereka dengan Allah, dengan gereja, dengan orang-orang lain, dengan dunia dan diri sendiri.
· International Council of Relegion Education mengambil rumusan Paul H Vieth pd th 1930:
· 1. Meningkatkan dalam diri pribadi yang bertumbuh kesadaran akan
Allah sebagai realitas dalam pengalaman manusia dan rasa ada
hubungan pribadi dengan Dia.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda